17 April 2013

Dokumentasi


Sobat kepo, ini sedikit berbagi cerita singkat banget awal mula kebiasaan admin keportase dalam hal dokumentasi..

Dokumentasi Tulisan & File elektronik
Kegiatan ini (dokumentasi tulisan) mulai saya lakukan sejak saya mengenal komputer dan internet. Mungkin mulai tahun 1997. Pada awalnya di internet saya banyak menemukan berbagai macam info/berita yang pada waktu itu belum banyak informasinya. Sehingga agar tidak lupa saya simpan dalam bentuk file. Jadi pada awalnya dokumentasi hanya berupa tulisan saja. Kadang tulisan ini pun saya print ulang dan bahas bersama teman-teman di sekolah (pada waktu itu internet adalah barang langka, belum semua orang bisa mengkasesnya dengan mudah). Jadi dengan mendokumentasikan dalam bentuk tulisan setidaknya ada beberapa manfaat :
- Menyimpan informasi, jika di masa depan diperlukan kita bisa dengan mudah membukanya.
- Membagikan informasi tersebut kepada pihak lain yang membutuhkan & tidak mempunyai akses
- Menjadi inputan atau faktor-faktor yang diperhitungkan dalam melakukan analisa atau pun penelitian yang berkaitan dengan info yang kita miliki

Dokumentasi Audio & Video
Kegiatan dokumentasi Audio ini mulai dilakukan pada tahun 2005 dimana pada waktu itu perekam suara (mp3 player) mulai mudah didapatkan. Dengan mendokumentasikan dalam format audio kita bisa mendengarkan ulang di masa yang akan datang tentang suatu informasi.
Dokumentasi Video saya mulai sejak 2009 dimana pada waktu itu mulai mempunyai kamera digital yang juga bisa merekam video.
Ternyata informasi yang kita dengar & lihat pada suatu waktu ternyata tidak selalu semuanya dipahami dan diingat 100%. Begitu kita mendengar kembali suatu informasi yang dulu kita rekam kadang saya menemukan bahwa banyak hal yang luput dari perhatian. Mungkin karena kita hanya mendengar, memikirkan dan menyimpulkan hal-hal yang kita minati dan pahami saja pada saat itu. Maka seiring berkembangnya akal, pemahaman, pengalaman dan bertambahnya sudut pandang hingga saat ini terjadi pula pengembangan penafsiran atas sebuah informasi pada masa lalu ketika kita dengar kembali saat ini.

Dokumentasi Foto
Saya mulai tertarik dengan fotografi sejak tahun 2004 dimana pada waktu itu mulai marak HP yang memiliki kamera dan marak pula kamera digital. Yang membuat saya tertarik fotografi digital adalah memori nya yang besar sehingga kita bisa mengambil ribuan gambar tanpa harus takut kehabisan rol film dan format digital yang bisa di edit dengan mudah dengan software-software editor gambar. Selain itu memudahkan jika akan dipublikasikan online (tidak perlu di scan) dan memudahkan untuk dimasukkan ke dalam dokumen/file presentasi. Pada awalnya saya meminjam kamera teman, dimana kalau ada event saya bersedia mengambil gambar & memfoto sang pemilik kamera hingga akhirnya memiliki kamera sendiri :D

No comments:

Post a Comment