01 August 2013

Follower / Pengikut



Suatu hari saya berkunjung ke rumah teman saya di daerah Sasakgantung - kota Bandung. Pada saaat hendak pulang, saya mendapati jalan utama yang biasa saya lewati ditutup karena ada acara hajatan. Jadi saat ini alternatif yang tersedia adalah berbelok jalan besar yang lain yang sudah saya tahu atau mencoba cari jalan lain melewati gang-gang yang belum pernah saya coba.

Akhirnya saya memutuskan berbelok ke dalam sebuah gang, saya berbelok-belok mengikuti jalan sempit yang ada di gang tersebut. Lalu setelah hampir 100 meter menelusuri gang ternyata saya mendapati jalan buntu :)) . Sehingga harus berbalik dan menggunakan jalan besar saja yang sudah saya ketahui.

Nah ketika saya memutarkan motor, ternyata di belakang saya ada seorang bapak yang juga menaiki motor. Bapak ini ternyata mengikuti saya menelusuri gang, karena saya terlihat meyakinkan / seperti yang tahu jalan ketika berbelok masuk ke dalam gang. Lalu saya pun tersenyum & meminta maaf kepada si bapak sambil menjelaskan bahwa saya pun sebenarnya sedang mencoba mencari jalan & belum pernah melewati gang ini.

-Cerita Selesai-

*Pesan Moral :
  • Hal baik ataupun buruk yang kita lakukan sangat mungkin ditiru oleh orang lain. Maka pastikan sebisa mungkin kita melakukan hal yang baik. Baik di dunia nyata ataupun dunia maya, baik hal yang menurut kita kecil atau hal yang menurut kita besar.
  • Di dunia maya pun ketika saya amati ternyata ada pola yang sama, dimana ada sesuatu hal / informasi yang beredar maka ada saja orang-orang yang langsung mengikuti dengan tidak mempertanyakan, apakah informasi yang beredar ini benar / sesuai kenyataan atau tidak.
  • Oleh karenanya perlu dibiasakan untuk menelusuri dengan seksama informasi yang kita dapatkan baik di dunia nyata maupun di dunia maya sehingga keputusan yang kita ambil berdasarkan sebuah informasi tersebut tidak merugikan diri kita maupun orang lain

Sumber gambar:
http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRoiy6GmNlF6rkNjdis4kiNu7kQiAwB-0NFjEuzgn70y9dB63a-MA

No comments:

Post a Comment