05 June 2014

Dibalik Kegalakan

Manusia adalah makhluk sosial, dalam bersosialisasi kita bisa menemukan berbagai macam sifat. Baik yang menyenangkan maupun tidak menyenangkan. Salahsatu sifat yang termasuk tidak menyenangkan menurut saya adalah galak. Definisi galak menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia :
ga·lak 1 a 1 buas dan suka melawan (menyerang, menggigit, menanduk, dsb tt binatang); ganas; garang: anjingnya -- sekali; 2 suka marah, mencaci maki, dsb: ayahnya termasuk orang yg -- sehingga ditakuti oleh anak-anaknya;
Pengalaman berinteraksi dengan manusia-manusia yang memiliki sifat galak tersebut membuat saya penasaran, pengen tahu sebetulnya kenapa sih manusia-manusia ini memiliki sifat galak tersebut??
Inilah penyebab kegalakan yang saya temukan :

1. Menutupi Ketakutan
Sebagian orang menunjukan kegalakkannya sebenarnya karena merasa takut. Sehingga untuk mencegah orang lain melakukan sesuatu yang menakutkan pada dirinya maka perlu ditunjukkan kegalakkannya. Tujuannya menyingkirkan ancaman atau menurut saya bisa juga disebut mekanisme untuk mempertahankan diri.

2. Menutupi Kelemahan
Kegalakkan ini terjadi ketika seseorang mempunyai hal yang dianggapnya kelemahan (baik diakui ataupun tidak) dan tidak ingin kelemahannya tersebut disinggung-singgung / diusik oleh pihak lain. Ini juga mekanisme pembelaan diri. Saya pernah menemui hal ini pada salah seorang pengajar saya ketika masih bersekolah, dimana sang pengajar akan marah ketika murid-murid bertanya sesuatu hal yang tidak dikuasainya.

3. Stress
Kegalakkan jenis ini disebabkan oleh adanya stress atau pikiran yang tertekan. Dalam kondisi stress tidak banyak hal yang bisa kita lakukan kepada orang lain, birkan lah stressnya hilang / berkurang baru kita bisa berkomunikasi.

4. Meniru
Bisa juga sifat galak ini karena meniru orang-orang yang ada di sekitarnya. Karena terbiasa dengan kegalakkan, sehingga menganggap sifat ini merupakan hal yang normal dan tidak masalah jika diwujudkan dalam berperilaku.

Dari beberapa penyebab diatas, kesimpulannya adalah bisa jadi penyebebab kegalakkan adalah untuk mengamankan diri dari ancaman-ancaman. Jadi kalau ada orang yang galak kepada kita coba kendalikan diri kita agar jangan reaktif terhadap kegalakkannya, coba kita analisa apa penyebabnya & ber empati.

No comments:

Post a Comment