16 June 2014

Health is wealth

6 Hari ke belakang saya mengalami komplikasi penyakit ringan (pilek, batuk, pusing-pusing, ga enak badan lah pokok nya) :D

Sudah lama sekali saya tidak mengalami sakit seperti diatas (fenomena langka niih), karena saya selalu berusaha menjaga kebugaran tubuh.. Kalaupun mengalami hal diatas saya biasanya cukup melakukan latihan pernapasan dan tubuh pun segera sehat dalam 1-2 hari.. Namun ternyata kali ini berbeda, walaupun berusaha merecovery dengan berlatih pernapasan ternyata perubahannya lambat..

Dalam masa recovery saya coba analisa kok bisa ya mengalami hal diatas. Dari hasil penelusuran diketahui penyebabnya adalah :

- Terlalu lelah

Karena dulu saya rajin berolah raga, saya bisa melakukan banyak aktivitas. Tubuh mampu menghasilkan energi yang diperlukan & sangat cepat merecovery ketika merasa lelah. Namun kemarin-kemarin porsi olahraga saya sudah berkurang sedangkan aktivitas banyak maka tubuh tidak kuat.

- Pola makan yang tidak teratur

Ditengah aktivitas yang banyak, saya bereksperimen mencoba salahsatu  metode diet (pengaturan pola makan) dan ternyata pola tersebut tidak cocok pada kondisi tubuh kemarin-kemarin..

- Penyesuaian terhadap cuaca

Cuaca sebelumnya yang panas beralih ekstrim dengan hujan lebat beberapa hari kebelakang, ketika malam hari saya merasa dingin sekali.

Wal hasil badan ngedrop..

Lalu saya atur agar badan relaks, latihan pernapasan & menjaga pola makan+nutrisinya. Alhamdulillah, kini sudah sehat. Pengalaman mengalami sakit yang ringan di atas saja sudah menyiksa, maka saya rasa begitu tubuh kembali sehat maka saya harus merawatnya & menggunakannya sesuai peruntukannya (beribadah:D )

Saya jadi berpikir juga, dalam budaya Sunda biasanya hal yang pertama ditanyakan ketika saling bertegur sapa adalah tentang kesehatan.. "Kumaha Damang? " atau "Bagaimana kabarnya, sehat??"

Mungkin secara tidak langsung hal tersebut menggambarkan bahwa leluhur kita menganggap kesehatan adalah hal yang sangat penting..

Bersyukurlah ketika kita sehat..

Health is wealth

No comments:

Post a Comment