21 July 2014

Review : Pengalaman pertama belanja online di Lazada



Kali ini saya mau sharing pengalaman pertama belanja online di www.lazada.co.id . Walaupun saya sudah sering menjual barang secara online namun belum pernah membeli barang online. Singkat cerita ketika sedang browsing saya menemukan link Ramadhan sale di Lazada. Disana terdapat banyak produk yang sedang ada diskon besar besaran. Lalu saya melihat sebuah produk yang memang ingin saya beli yaitu jam tangan Casio, untuk menggantikan jam tangan sebelumnya yang sudah tewas. Ketika saya cek 2 minggu yang lalu ke toko jam tangan langganan saya di Jl. ABC - Bandung harganya >Rp.400.000.- namun ketika saya lihat di sale Ramadhan Lazada ini harganya hanya Rp.259.900.- saja .. Wow, selisihnya lumayan juga yaah, > Rp.140.000.- :D

Karena ini pertama kalinya saya akan belanja di Lazada, maka saya coba cari-cari info/review dari yang sudah duluan beli & google mengarahkan saya ke link berikut :
- Pengalaman Belanja di Lazada Toko Online Terbesar di Indonesia
- Pengalaman saya berbelanja di lazada dan dinomarket. PENTING !!
Pengalaman Belanja Online di Lazada.co.id
Pengalaman Belanja Online di Lazada.co.id
Pengalaman Belanja Online di Lazada.co.id
Pengalaman Belanja Online di Lazada.co.id
Pengalaman Belanja Online di Lazada.co.id

Membaca review tersebut, ada yang puas dan ada yang tidak. Tapi akhirnya saya putuskan membeli saja. Hal yang mendukung keputusan beli :
Bisa COD
Nah ini hal utama yang sangat menarik, karena dengan metode COD/bayar di tempat maka potensi penipuan saat transaksi hampir mustahil. Barang bisa di cek lalu kita bayar jika sesuai.

Harga sangat murah
Iya lah, selisihnya > Rp.140.000.-

Dijual dan dikirim oleh Lazada
Penjual dan pengirim produk yang saya beli ini langsung dari Lazada, bukan pihak lain. Lebih meyakinkan. Pastikan cek dulu penjual dan pengirim dari produk yang akan kita beli.

Barang bisa dikembalikan jika tidak sesuai


Gratis ongkos kirim



Saya putuskan beli, klak-klik & isi form pembelian. Waktu itu saya membeli sekitar jam 15.00 & betapa terkejutnya ketika besok paginya jam sekitar 10.00 WIB (dalam waktu 19 jam saja) jam tangan pesanan sudah hadir di depan rumah. Waktu itu ada nomor tiak dikenal menelpon, memperkenalkan diri sebagai kurir Lazada. Lalu sang kurir ramah tadi menyerahkan barang pesanan & saya pun membayarnya. Sang kurir juga mengingatkan seandainya tidak sesuai pesanan bisa dikembalikan dengan mengikuti prosedur/isi form pemesanan.

Oke, sekian sharing pengalaman kali ini pemirsa :)

13 comments:

  1. Saya pernah belanja online juga di lazada, elevenia, dan tokopedia. Semuanya rata2 standard, belum pernah punya pengalaman buruk sih. Barangkali saya bernasib baik ya? Hehe
    Barusan minggu lalu ini saya lihat di facebook ada tampilan online shopping baru yg namanya alikolo.com (sepertinya perusahaan lokal baru) jadi saya coba browsing ke website nya dan kebetulan ada barang yang saya pengen dan harganya juga standard dan tergolong kompetitif (sedikit lebih murah tapi ngak banyak) jadi saya coba untuk kontek ke admin nya melalui chatting di website. Respon nya cukup baik dan akhirnya saya coba beli. 2 hari kemudian barang nya tiba di rumah dan saya berani bilang saya sangat puas dengan pengalaman saya di sana.
    Yang paling saya suka dari alikolo adalah harganya yang tidak bikin pusing, banyakan website suka tampilin diskon ini itu padahal harganya juga segitu-segitu aja. Kebetulan saya sudah cek ke lazada dan website lain untuk produk merk Bose, sekedar untuk bandingin harga. Di Lazada, setelah diskon pun harganya masih sama dengan Alikolo jadi saya tanya ke admin nya lagi ini barangnya beneran (tanya2 takut kena tipu) dan jawaban admin seingat saya begini “Tidak perlu khawatir Pak karena semua vendor di alikolo harus memenuhi persyaratan dan proses verifikasi. Untuk produk bose itu langsung dari pemegang merk resmi yang sudah kami kunjungi dan verifikasi”. Jadi saya beranikan diri untuk beli, dan ternyata memang beneran barangnya asli tanpa cacat.
    Masih penasaran, saya tanya lagi ke admin kenapa kok di alikolo tidak ada diskon2 menarik. Jawabannya adalah karena konsep mereka adalah harga pas dan harga jelas tanpa memakai trik diskon. Kedepannya promo diskon di alikolo akan bersifat diskon beneran, bukan trik trik marketing harga seperti yang dilakukan oleh hampir semua website online shopping. Saya tanya kapan ada promo diskon, admin nya malah ngak tau jelas.
    Sungguh menarik harga yang ditampilkan alikolo, langsung dan jelas. Saya jadi merasa sedikit tertipu dari diskon2 yang ditampilkan lazada nih jadinya =(
    Sebagai perbandingan untuk semuanya, produk bose yang saya beli namanya Bose Bluetooth Headset II Right di alikolo harganya tok di Rp. 1.999.000 dan tentunya saya cek di Lazada harganya setelah diskon 19% juga sama di Rp. 1.999.000 jadinya saya heran kok lazada yang selama ini saya kira murah jadi terkesan mahal. =(((
    Mulai sekarang pasti saya akan cek ke alikolo kalo lagi pengin cari barang incaran.
    Semoga pengalaman saya ini bermanfaat bagi semuanya =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thx infonya gan, baru tau ada yg namanya alikolo
      udah cek webnya tampilan ok, nanti kl ada barang yg dibutuhin & harganya ok pengen cb belanja jg

      Delete
  2. Terima kasih atas info nya... sangat membantu gan.

    Info Tempat Belanja Online Terpercaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2, tp ttp harus hati2 & teliti ya kalau belanja online.

      Delete
  3. ya ya ...tetap mesti teliti ..kalao belanja lihat segala kemungkinan...
    saya sendiri suka belanja online ...sebelum membeli ada baiknya kita browsing dulu segala nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, setuju. Perlu cari info selengkapnya

      Delete
  4. saya kapok beli di lazada,
    1.barang sudah 3 bulan ngak jelas, mau kembali atau ngak ngak tau nih
    2.barang banyakan dari supplier kecil2 yg ngak jelas jadi kualiatas ya biasa2 saja bahkan cenderung ke bawah.
    3.Customer service nya jawabannya itu2 saja
    4.betul seperti di atas,diskon yg menipu mata hehe

    ReplyDelete
  5. Menurut saya, Lazada sangat MENGECEWAKAN. Saya membeli iPhone dari tanggal 24 Maret dan Statusnya hanya “Pesanan sedang diproses untuk dikirim langsung dari Merchant/Supplier”, TAPI belum dikirim hingga sekarang. Padahal di Delivery Information tertera 1-4 hari. Tapi hingga skrg tidak dikirim. Saya chat pihak Lazada, alasannya yg memproses adalah supplier, tapi saya menanyakan tentang kontak supplier, tidak dijawab, hanya sekedar meminta maaf dan terus meminta maaf.
    Saran saya, JANGAN SEKALI-KALI MEMBELI GADGET DI LAZADA !
    AMAT MENGECEWAKAN.

    ReplyDelete
  6. Saya kalo lihat harga gadget terutama smarthphone di lazada kudu beli aja.. diskonya gak nguatin..tapi masi berpikir berulang kali apakah barang yg di kirm sesuai deskripsi (takutnya ternyata bm/kw/replika)..
    saya sendiri pedagang online masih suka ragu belnaj online dg embel2 diskon besar. Ada pa di balik diskon besar ? Tetep jadi pertanyaan yg patut di pikirkan

    ReplyDelete
  7. saya kalo mau blanja di toko online kudu lihat dulu daftar harga yang pas di hati saya.
    kalo udah pas baru saya pesan barang ya.

    ReplyDelete
  8. Saya jg bbrp kali belanja di lazada so far oke2 aja sih alhamdulillah. Blm pernah ada masalah sm barangnya dan selalu sesuai sm ekspektasi saya. Mudah2an aja selanjutnya selalu oke kalau belanja di lazada, soalnya bnyk bgt promonya hehehe

    ReplyDelete
  9. Saya pernah beli barang di lazada 3x.
    1. Bantal dan guling, Ok. Tidak ada masalah.
    2. Bluetooth headset, barang yang diterima tidak bisa dipakai. Saya retur (ongkir sy yg bayar), 14 hari kemudian barang yang baru dikirim tapi sama aja rusak, ga bisa dipakai. Hikss.. oiya pas sy mau kirim balik barang ke Lazada, orang JNE-nya bilang dia juga mengalami nasib serupa.
    3. Jam tangan Swiss Army. Barang yang dikirim berbeda dengan yang saya pesan. Harga 200 ribu sekian saya lupa, waktu itu diskon dari 1juta sekian. Baru 3 bulan talinya sudah putus, lemnya mengelupas. Hikss..
    Ya mgkn memang untung2an. Semoga bisa jadi pengalaman untuk yang lain agar lebih teliti dan hati2 dalam membeli ^-^

    ReplyDelete
  10. untuk wilayah bandung ..lazada melayani cod ?

    ReplyDelete