17 February 2013

Menulis Blog

Assalamualaikum wr wb..


Sebenarnya sudah cukup lama saya mengenal internet, dimulai sejak masih duduk di bangku SMP sekitar tahun 1997. Saya senang menggunakan internet karena banyak manfaat nya diantaranya dapat update-update berita terbaru, berbisnis, hiburan, dapat ilmu & wawasan baru dll..

Akmal
Lalu sekitar tahun 2004 salah seorang teman saya sebut saja Akmal membuat blog di multiply dan sejak saat itu saya mulai ikut ngeblog juga tapi saat itu saya ngeblog dengan tidak konsisten. Perbedaan dengan teman saya tsb mengenai ngeblog sangat jauh sekali, teman saya yang konsisten ngeblog tersebut saat ini mendapat beasiswa S2 dari pembaca blognya, menjadi dosen, penulis buku, pembicara, menciptakan komunitas dan lain-lain. WOW.. (tanpa koprol)

Kun Geia
Nah ini adalah penulis novel The Lost Java yang saya kenal ketika join ke dalam grup FB novelnya di tahun 2012. Setelah join grup nya saya sering chat dengannya & akhirnya kita kopdar di Garut 1 Januari 2013. Sewaktu kopdar ini ada kata-katanya yang terus terngiang yaitu mengenai pentingnya menulis, karena yang diingat oleh para penerus (anak, cucu) adalah segala sesuatu yang tertulis. Bisa jadi anak, cucu kita lebih mengetahui sejarah dari orang lain yang menulis jika kita tidak menulis.. Hehehe.. dipikir-pikir ucapan beliau sangat benar.

Komunitas Aleut
Komunitas Aleut ini adalah komunitas pecinta sejarah & apresiasi budaya yang ada di Kota Bandung. Saya sebenarnya mulai mengikuti berita-berita komunitas Aleut ini sejak tahun 2010 namun karena tenggelam dalam berbagai alasa akhirnya baru bisa gabung ngaleut Januari 2013. Dengan mengikuti komunitas ini yang notabene kegiatannya turun ke lapangan menelusuri sejarah maka saya semakin sadar bahwa dokumentasi sekecil apapun yang dibuat pada masa lalu ternyata bisa bermanfaat saat ini. Ketika ngaleut, teman-teman yang mengetahui sejarah suatu tempat saya perhatikan banyak membaca buku-buku sejarah sebagai referensi dan ternyata yang mencengangkan adalah informasi, cerita, dokumentasi, gambar-gambar yang ada dalam buku sejarah tersebut ditulis oleh orang asing. Kenapa tulisan orang-orang asing tersebut bisa dijadikan referensi??? karena mereka menuliskannya. Pelajaran yang bisa saya ambil dengan mengikuti komunitas ini adalah penting dokumentasi (catatan, gambar, video) agar informasi yang ada saat ini bisa juga berguna di masa yang akan datang.


Ngeblog / menulis catatan di internet, hal yang kelihatannya sederhana ternyata ketika dilakukan dengan konsisten membawa dampak yang sangat luar biasa. Oleh karenanya saya terdorong untuk aktif ngeblog lagi.. dan harapannya mulai saat ini saya bisa ngeblog berisikan hal-hal yang bermanfaat dengan konsisten.

Wassalamualaikum wr wb..

Sumber Gambar :
http://sphotos-g.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-prn1/149924_10200192436447701_1092048343_n.jpg

No comments:

Post a Comment