31 October 2013

Tidak bisa menulis..

Gambar : http://sagoyism.com/wp-content/uploads/2012/02/cannot-be-a-writer.jpg

Kemarin saya dan teman - teman terlibat diskusi mengenai blogging di sebuah jejaring sosial. Jadi ada beberapa teman yang sudah terbiasa blogging dan menulis (kita sebut aktifis) mengajak teman lainnya yang tidak punya blog dan tidak biasa menulis (kita sebut pasifis) untuk mulai aktif.


Nah dalam diskusi tersebut teridentifikasi beberapa penyebab teman-teman pasifis belum ngeblog :
  • Kendala teknis / tidak ada koneksi internet
  • Merasa tidak bisa menulis
  • Belum terbiasa
  • Merasa tidak ada ide
 Lalu anggota forum yang sudah menjadi aktifis pun berbagi pemikiran atas hal-hal yang menjadi kendala para pasifis tersebut :

1. Kendala teknnis / tidak ada koneksi internet >> Cari koneksi internet
Untuk masalah ini solusinya ya mencari koneksi internet :D .
Baik pribadi / berlangganan internet ataupun memanfaatkan koneksi internet gratis jika ada (biasanya di tempat umum, sarana pendidikan atau menumpang ke teman yang memiliki koneksi internet dll.. be creative lah.. pasti ada jalan)

2. Merasa tidak bisa menulis >> Menulis saja..
Salah seorang anggota forum diskusi yang lain menyampaikan bahwa dia merasa tidak bisa menulis. Teman saya ini adalah programmer, dulu kuliahnya di ITB dan pindah ke UGM. Kalau saya amati, status-status di facebook nya sangat menarik, beberapa memancing kontroversi bahkan menjadi perdebatan hebat dengan teman facebooknya (misalnya masalah imunisasi, pola pikir, pekerjaan dll). Saya sendiri melihat sebenarnya banyak hal yang bisa dia tuliskan dan cukup heran mendengar bahwa ternyata yang bersangkutan merasa tidak bisa menulis.. hihihi.. Tapi ya memang begitu adanya.. Nah tulisan di whatsapp dari teman saya yang merasa tidak bisa menulis ini akhir nya saya susun dan jadilah sebuah tulisan & dia pun tertawa.. Setelah melihat curhat, keluh kesahnya mengenai ketidak bisaan menulis ternyata bisa dirangkai menjadi sebuah artikel. Pokoknya kalau mau nulis mah nulis aja lah..
Abaikan EYD..
Abaikan berbagai prasangka..
Tulis saja..

3. Belum terbiasa >> Biasakan saja

Ada keluhan lain, yaitu "saya tidak terbiasa menulis", solusinya adalah lakukan saja kebalikannya yaitu biasakan menulis. Tapi tidak perlu jadi beban.. Dimana/kapanpun ingin menulis maka langsung menulis saja.. :D


4. Merasa tidak ada ide >> abaikan & segera tuliskan apa saja
Berikutnya adalah merasa tidak memiliki ide, stuck, bingung apa yang mau ditulis?
Maka solusinya adalah tuliskan apa saja, apapun bisa dijadikan bahan tulisan..
Jadikan masalah anda sebagai judul tulisan, maka anda selalu punya bahan untuk ditulis.
Misal, jadikan judul :
"Menulis itu susah"
"Bosan"
"Tidak ada inspirasi"
"Bingung"
"Malas"
dll...
Apapun bisa anda jadikan tulisan, silahkan dicoba..
Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment