14 Juni 2013

Potensi Manusia


Pic Source : http://cdnexpat.files.wordpress.com/2012/06/human-potential.jpg?w=593


Potensi atau hal-hal yang bisa dilakukan oleh manusia sangatlah luar biasa, hal ini karena selain dianugerahi fisik yang sempurna juga dianugerahi akal. Akal ini lah yang membedakan manusia dengan berbagai makhluk lainnya di dunia.

Coba kita perhatikan berbagai profesi yang ada di dunia, dimana profesi tersebut dikategorikan berdasarkan keahlian yang digunakan dalam melakukannya. Coba kita sebutkan sebagian kecil profesi yang bisa dilakukan manusia : dokter, pilot, pengacara, motivator, guru, montir, bankir, tentara, programmer, koki, budayawan, wartawan, blogger, pembalap, olahragawan, desainer, aktor, pedagang dan masih banyak lagi yang belum disebutkan. Bandingkan dengan makhluk lain yang ada di bumi, betapa banyak pilihan profesi yang bisa dilakukan manusia.. Ikan mungkin tidak memiliki banyak pilihan profesi, begitupun dengan tumbuhan :D . Tubuh dan akal mereka tidak secanggih manusia.
Alangkah luar biasa ya potensi tubuh dan akal manusia :)
 
Maka sudah selayaknya kita sebagai manusia memaksimalkan kedua potensi tersebut. Seorang guru pernah mengatakan kepada saya bahwa syukur tidak hanya diucapkan oleh kata-kata saja, tetapi bisa diwujudkan dalam perbuatan yaitu dengan memaksimalkan karunia yang kita miliki selain untuk kita juga agar bermanfaat bagi orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar