31 December 2014

2014

Postingan terakhir di tahun 2014 :D

24 November 2014

Hore!

Hore! biasanya kata-kata yang diucapkan untuk mengekspresikan kegembiraan. Tapi dalam postingan kali ini maksudnya adalah Hoream atau dalam bahasa sunda artinya males. Sebetulnya males yang kali ini saya bahas bukan malas biasa, yaitu mencapai level males banged ! seharusnya judul artikelnya Hoream Pisan (males banged) yah kalau dibahasa sunda-kan :D

Saya merasakan males banget ngapa-ngapain seharian tadi, padahal banyak banged pekerjaan. dan Alhamdulillahnya saya berhasil mengalahkan rasa males banged tersebut.. terimakasih pemirsa :D
Walaupun kerjaan sudah beres tapi ternyata rasa males itu kembali hadir, makanya saya lawan dengan melakukan hal yang sedang saya malasi.. (naoon geura malasi teh).. yaitu nge blog.. Ditengah kemalasan yang tidak jelas ini saya berusaha mengingat-ingat apa ya yang kira-kira saat ini terasa males banget.. dan jawabannya adalah nge blogs..

Oleh karenanya sebagai bentuk perlawanan terhadap rasa malas juga sebagai bentuk usaha pengendalian diri dan pikiran dari malas yang tidak penting ini maka saya lawan dengan melakukan hal yang saya malasi.. hahaha.. :))

Saya tau mungkin isi postingan ini terbaca aneh, tidak jelas dll.. Mohon maaf ya pembaca. Tapi bagi saya postingan kali ini intinya sih bukan pada konten nya, tapi pada perlawanan terhadap kemalasan dan usaha pengendalian diri dan pikiran.. Hahaha..!

Owkai.. malas posting udah berhasil dikalahkan. Mungkin beberapa postingan ke depan bakal lebih berisi lagi konten nya..

Sekian postingan kali ini, saya mau melanjutkan perlawanan terhadap kemalasan yaitu dengan mengerjakan hal yang malas dilakukan berikutnya yaituuu.. Olah raga & latihan pernapasan biar sehat.. Yeaah!

10 November 2014

Intip Karakter Anda dan Orang Lain melalui Tulisan Tangan


WORKSHOP GRAPHOLOGY & HYPNOSIS
“Intip Karakter Anda dan Orang Lain melalui Tulisan Tangan”

-----
Graphology adalah ilmu mengenai analisa tulisan tangan. Dari tulisan tangan kita bisa menganalisa sifat seseorang, kebiasaan baik/buruk, potensi, kesehatan dll

Hipnosis adalah ilmu yang mengajarkan teknik mengoptimalkan potensi alam bawah sadar anda dan bagaimana memperkuatnya

Materi:
1. Mengetahui karakter dari tulisan tangan Anda
2. Bagaimana pikiran bawah sadar mempengaruhi tulisan tangan Anda
3. Mengetahui teknik mempengaruhi pikiran bawah sadar Anda

Trainer:
1. Rommy Mochamad Ramdhani, SH, MM. (Praktisi Graphology)
2. Fiyu Azhari, S.Kom I, CH, CHt, CNC. (President of Azhari Hypnosis Center)

Waktu dan Tempat :
Sabtu, 29 November 2014
Ruang Theater Lt 6 Kampus Widyatama
JL Cikutra No 204A Bandung

Batch I pukul: 08.30 – 11.30 WIB
Batch II pukul: 12.30 – 15.30 WIB

Investasi:
Rp. 125.000

Fasilitas:
Sertifikat dan Snack

CP / Pendaftaran :
Sdr. Rohim – 081321652855 (WhatsApp/Telp/SMS)

Pembayaran pendaftaran melalui transfer:
Rek BRI cab Cimahi 0137-01057-490508 an Asep Jatnika Indrawan
Setelah transfer wajib konfirmasi dan bukti transfer wajib dibawa saat workshop

Diselenggarakan oleh:
LENTRHAKA TRAINING CENTER dan AZHARI HYPNOSIS CENTER
Tempat terbatas, segeralah mendaftar!

04 October 2014

Review Pengalaman Beli di Lazada Bagian 2

Setelah menulis pengalaman beli barang di Lazada, kini saya menulis artikel sekuelnyah ya pemirsa.. Yaitu pengalaman beli di Lazada part2.
Alhamdulillah pengalaman kali ini pun memuaskan seperti pada pembelian pertama. Setelah sebelumnya membeli 1 buah barang (jam tangan Casio) maka kali ini saya mencoba membeli 3 buah barang yang saya butuhkan sekaligus yaitu :
  • Alat Cukur Elektrik merk Panasonic. Setelah bertahun-tahun cukur pakai pisau cukur, saya pengen coba gimana rasanya bercukur pakai alat cukur elektrik. Pemakaiannya mudah & ga perlu sering ganti pisau cukur.
  • Sepatu Futsal Kappa warna hitam. Sepatu ini saya beli yang warna hitam jadi selain bisa dipakai bermain futsal, bisa juga dipakai kerja / hadir ke acara semi formal.
  • Alat semprot air EZ Jet Water. Semprotan ini bikin air yang keluar dari selang jadi lebih bertekanan, ada 8 mode semprotan. Sangat bermanfaat untuk cuci mobil-motor, menyiram tanaman. Kekurangannya bahannya dari plastik jadi harus hati-hati karena sensitif terhadap benturan.
Saya memesan ketiga alat diatas pada 23 Juli 2014 dan pesanan sudah tiba pada 25 Juli 2014. Hanya butuh waktu 2 hari saja pemirsa..
Penampakan kiriman. Di pack dengan rapi dan aman.

Isi kiriman : Sepatu, Alat Cukur, Penyemprot air



Ok, sekian review kali ini. Semoga berguna :)

03 October 2014

Desainer Kampung



Sumber video : https://www.youtube.com/watch?v=RTNDhMnHS0U


Profesi desainer grafis bisa jadi identik dengan sosok seorang desainer yang tinggal di kota besar, memiliki pengetahuan basic mengenai bidang tersebut (kuliah di jurusan desain grafis ataupun desain komunikasi visual) & didukung berbagai peralatan pendukung yang mutakhir.
Namun gambaran tersebut ternyata tidak nampak dalam film dokumenter berjudul Desainer Kampung.

Gambar : http://eagleawards-doc.com/eaglepolling/


Saya terkejut dan terkagum ketika menonton film dokumenter Desainer Kampung yang ditayangkan di Metro TV. Dalam film tersebut mengangkat cerita mengenai kehidupan ratusan pemuda kampung yang pada awalnya berprofesi sebagai tukang bangunan, tukang kayu, tukang batu, petani, peternak & bahkan ada yang suka mabuk juga di sebuah desa kecil bernama Kali Abu - Jawa Tengah yang kini menekuni profesi sebagai Desainer Grafis. Kemampuan mereka sangat luar biasa padahal sebelumnya  tidak memiliki basic dan pengalaman di dunia desain grafis. Mereka belajar secara otodidak di malam hari karena selama siang hari nya bekerja. Pada tahun 2012 hanya ada 2 orang desainer grafis di kampung tersebut namun kini jumlahnya bisa mencapai 200 orang.

Mereka menawarkan keahlian / jasa desain grafisnya lewat internet, klien / pengguna jasanya berasal dari luar negeri (Amerika, Australia, China, dll) ada juga yang berasal dari dalam negeri dan berasal dari berbagai macam perusahaan mulai dari yang bergerak di bidang pertanian, asuransi, pendidikan dll. Permintaan dari kliennya diantaranya adalah desain logo dan bayaran yang mereka terima dalam mata uang dollar. Menurut salah seorang dari mereka, untuk penarikan / pencairan bayarannya dikolektifkan pada 1 orang dan total dana yang sudah dicairkan mencapai sekitar 6 Milyar rupiah. Diantaranya ada yang berpenghasilan hingga Rp.20.000.000 (Dua puluh juta rupiah) perbulan dan ada juga yang menerima bayaran hingga $450/pekerjaan (penghasilannya biasanya hanya Rp.8.000 - 15.000 / hari). WOW!
Saking seringnya melakukan penarikan uang, sang koordinator penarikan dana sempat dipanggil oleh pihak bank dan ditanyai berbagai macam hal termasuk pekerjaan apa yang dilakukannya, karena jumlah yang ditarik termasuk besar dan dana nya berasal dari luar negeri.

Dalam film berdurasi sekitar 24 menit ini juga diperlihatkan bahwa walaupun tidak mempunyai basic tentang desain grafis, mereka berusaha meningkatkan kemampuannya dengan bersilaturahmi & mengundang desainer profesional untuk datang dan berbagi ilmu ke kampung mereka. Para designer kebanyakan tidak bisa bisa berbahasa Inggris, namun tetap dapat berkomunikasi dengan kliennya via email dengan bantuan google translate. Ditampilkan juga seorang pemuda yang benar-benar tidak paham komputer/baru belajar dari nol, mengetik pun masih menggunakan 2 jari telunjuk tapi memiliki hasil karya desain yang diakui di luar negeri. Dengan semakin banyaknya pemuda yang aktif sebagai desainer grafis ternyata banyak juga dampak positifnya diantaranya berkurangnnya pemuda yang suka nongkrong juga mabuk-mabukan, desanya menjadi lebih aman/jarang ada kasus kemalingan. Para pemuda ini menjadi lebih mampu memenuhi kebutuhan hidupnya bahkan ada juga yang mampu mendaftarkan orangtuanya untuk beribadah haji. Mereka pikir tidak masalah jika ada orang yang meragukan kemampuan mereka karena menurut mereka yang penting adalah karya - bukan latar belakang orang yang membuat karya tersebut.

Bagi yang ingin menyaksikan film dokumenter ini silahkan klik link berikut :
Bagian 1 : http://video.metrotvnews.com/play/2014/09/30/298927/designer-kampung-1

Bagian 2 : http://video.metrotvnews.com/play/2014/09/30/298928/designer-kampung-2

Bagian 3 : http://video.metrotvnews.com/play/2014/09/30/298930/designer-kampung-3

Selesai menonton film ini, saya segera mem-vote nya di web Eagle Awards. Highly recomended untuk ditonton! :D

Oh iya, film ini juga mengingatkan saya pada berita ini :
Tukang Susu dan Tambal Ban Juara Desain Jet Engine Bracket
Pemuda Salatiga Lulusan SMA Kalahkan Insinyur Oxford di Lomba Desain Komponen Jet 
Mengintip Desain Komponen Pesawat Jet Rancangan Lulusan SMK Salatiga

Jayalah pemuda Indonesia! :D


09 September 2014

Belajar Fotografi



Barangkali diantara teman-teman ada yang mulai tertarik pada bidang fotografi? Berikut ini adalah daftar alamat web situs-situs yang saya jadikan tempat belajar fotografi :

Info harga kamera & aksesoris (jadikan sebagai pembanding/acuan saja, untuk pembelian saya lebih suka datang langsung ke tokonya) :

Perbandingan kamera (juga produk lain) :

19 August 2014

Smart Parents Smart Children

Dapat broadcast di sosmed, rasa nya sayang kalau dibiarkan tertimbun oleh percakapan lainnya.

Sedikit oleh-oleh dari Seminar Parenting "Smart Parents Smart Children". Materi yang sangat bagus untuk para orang tua yang diberikan oleh Bunda Kurnia Widhiastuti dari Sygma Parenting Community.

Waktu berharga pengasuhan anak:

®7 tahun pertama (0-7 tahun):
Perlakukan anakmu sebagai raja.
Zona merah - zona larangan
jangan marah-marah, jangan banyak larangan, jangan rusak jaringan otak anak.
Pahamilah bahwa posisi anak yang masih kecil, saat itu yang berkembang otak kanannya.

®7 tahun kedua (7-14 tahun):
Perlakukan anakmu sebagai pembantu atau tawanan perang.
Zona kuning - zona hati-hati dan waspada.
Latih anak-anak mandiri untuk mengurus dirinya sendiri, mencuci piring, pakaian, setrika, dll.
Banyak pelajaran berharga dalam kemandirian yang bermanfaat bagi masa depannya.

®7 tahun ketiga (14-21 tahun):
Perlakukan anak seperti sahabat.
Zona hijau - sudah boleh jalan.
Anak sudah bisa dilepas untuk mandiri. Mereka sudah bisa dilepas sebagai duta keluarga.

®7 tahun keempat (21-28 tahun):
Perlakukan sebagai pemimpin.
Zona biru - siap terbang.
Siapkan anak untuk menikah.

®Pada masa anak-anak yang berkembang otak kanannya. Otak kiri berkembang saat usianya menjelang 7 tahun.

Anak perempuan keseimbangan otak kanan dan kirinya lebih cepat. Sedangkan anak laki lebih lambat.ߑ싥seimbangan otak kanan dan kiri pada anak laki-laki baru tercapai sempurna di usia 18 tahun, sedangkan anak perempuan sudah cukup seimbang otak kanan dan kirinya di usia 7 tahun. Ampun dah lama bener ya?Ternyata ada rahasia Allah mengapa diatur seperti itu

√Laki-laki dipersiapkan untuk jadi pemimpin yang tegas dalam mengambil keputusan. Untuk itu, jiwa kreatifitas dan explorasinya harus berkembang pesat. Sehingga pengalaman itu membuatnya dapat mengambil keputusan dengan tenang dan tepat.

√Sementara perempuan dipersiapkan untuk jadi pengatur dan manajer yang harus penuh keteraturan dan ketelitian.

**Untuk memberi intruksi pada anak, gunakan suara Ayah . Karena suaranya bas, empuk dan enak di dengar.

**Kalau suara Ibu memerintah, cenderung melengking seperti biola salah gesek. Itu bisa merusak sel syaraf otak anak. 250rb sel otak anak rusak ketika dimarahin

**Solusinya, Ibu bisa menggunakan bahasa tubuh atau isyarat jika ingin memberikan instruksi. ߙưߙŰߒJSuara perempuan itu enak didengar jika digunakan dengan nada sedang. Cocok untuk mendongeng atau bercerita.

++Cara berkomunikasi yang efektif dengan anak:
1. Merangkul pundak anak sambil ditepuk lembut.
2. Sambil mengelus tulang punggung anak hingga ke tulang ekor.
3. Sambil mengusap kepala.

Dengan sentuhan ada gelombang yang akan sampai ke otak anak sehingga sel-sel cintanya tumbuh subur.

Demikian sedikit oleh-olehnya. Mudah-mudahan bisa bermanfaat....

30 July 2014

Hari Penuh Lemak & Penawarnya

Beberapa hari menjelang lebaran saya banyak menghadiri acara buka puasa bersama, lalu berlanjut hari lebaran saya menyantap makanan penuh lemak (rendang, gulai, opor ayam, dll).. hohoho..
Pokoknya semua yang gurih-gurih, enak-enak dan lemak-lemak..
Menyantap makanan penuh lemak tadi saya sadar bahwa jika jumlahnya berlebihan efeknya tidak baik untuk tubuh, apalagi waktu menyantap makanan tersebut saya minim aktivitas fisik.
Di akhir hari ke 2 lebaran saya merasakan pundak-kepala bagian kiri terasa berat, selain itu kepala terasa pusing. Waah gaswat banget, sepertinya efek lemak berlebih & kolesterol nih pikir saya.

Saya rasa perlu segera penurun kolesterol.. saya rasa saya perlu kapsul Kubadar / Ragani dari HI Herbal.. namun sayangnya ternyata tidak ada stok nya. Saya harus mencari alternatifnya & saya teringat bahwa saya pernah baca bahwa teh hijau bisa menurunkan kolesterol. Lalu saya mencarinya di alfamart dekat rumah & saya temukan produk teh hijau. Harganya sangat terjangkau, kemasan isi 50 gr seharga 5 ribuan rupiah.
Segera saya seduh & Alhamdulillah bagian yang terasa berat kini menjadi ringan. Selain itu pusing berkurang.
Teh Hijau yang saya minum
Lalu saya minum 1 gelas besar air putih, agar ginjal tidak terlalu berat bekerja menyaring teh yang baru saya minum.. Sekitar 1 jam kemudian kembali saya minum teh hijau tersebut & efeknya sangat terasa. Tubuh benar-benar terasa sehat kembali seperti sebelum memakan makanan berlemak. Sekian sharing kali ini tentang pengalaman kebanyakan menyantap makanan berlemak & solusinya. Ingat minum air putihnya juga diperbanyak ya pemirsa, biar kerja ginjalnya ringan. Ini murni sharing pengalaman siapa tau ada yang mengalami kejadian serupa, bukan postingan berbayar :D

21 July 2014

Review : Pengalaman pertama belanja online di Lazada



Kali ini saya mau sharing pengalaman pertama belanja online di www.lazada.co.id . Walaupun saya sudah sering menjual barang secara online namun belum pernah membeli barang online. Singkat cerita ketika sedang browsing saya menemukan link Ramadhan sale di Lazada. Disana terdapat banyak produk yang sedang ada diskon besar besaran. Lalu saya melihat sebuah produk yang memang ingin saya beli yaitu jam tangan Casio, untuk menggantikan jam tangan sebelumnya yang sudah tewas. Ketika saya cek 2 minggu yang lalu ke toko jam tangan langganan saya di Jl. ABC - Bandung harganya >Rp.400.000.- namun ketika saya lihat di sale Ramadhan Lazada ini harganya hanya Rp.259.900.- saja .. Wow, selisihnya lumayan juga yaah, > Rp.140.000.- :D

Karena ini pertama kalinya saya akan belanja di Lazada, maka saya coba cari-cari info/review dari yang sudah duluan beli & google mengarahkan saya ke link berikut :
- Pengalaman Belanja di Lazada Toko Online Terbesar di Indonesia
- Pengalaman saya berbelanja di lazada dan dinomarket. PENTING !!
Pengalaman Belanja Online di Lazada.co.id
Pengalaman Belanja Online di Lazada.co.id
Pengalaman Belanja Online di Lazada.co.id
Pengalaman Belanja Online di Lazada.co.id
Pengalaman Belanja Online di Lazada.co.id

Membaca review tersebut, ada yang puas dan ada yang tidak. Tapi akhirnya saya putuskan membeli saja. Hal yang mendukung keputusan beli :
Bisa COD
Nah ini hal utama yang sangat menarik, karena dengan metode COD/bayar di tempat maka potensi penipuan saat transaksi hampir mustahil. Barang bisa di cek lalu kita bayar jika sesuai.

Harga sangat murah
Iya lah, selisihnya > Rp.140.000.-

Dijual dan dikirim oleh Lazada
Penjual dan pengirim produk yang saya beli ini langsung dari Lazada, bukan pihak lain. Lebih meyakinkan. Pastikan cek dulu penjual dan pengirim dari produk yang akan kita beli.

Barang bisa dikembalikan jika tidak sesuai


Gratis ongkos kirim



Saya putuskan beli, klak-klik & isi form pembelian. Waktu itu saya membeli sekitar jam 15.00 & betapa terkejutnya ketika besok paginya jam sekitar 10.00 WIB (dalam waktu 19 jam saja) jam tangan pesanan sudah hadir di depan rumah. Waktu itu ada nomor tiak dikenal menelpon, memperkenalkan diri sebagai kurir Lazada. Lalu sang kurir ramah tadi menyerahkan barang pesanan & saya pun membayarnya. Sang kurir juga mengingatkan seandainya tidak sesuai pesanan bisa dikembalikan dengan mengikuti prosedur/isi form pemesanan.

Oke, sekian sharing pengalaman kali ini pemirsa :)

29 June 2014

Real Match : Brazil vs Chille

Tadi malam jam 23.00 berlangsung salah satu pertandingan seru dalam gelaran piala dunia 2014 : Brazil vs Chille. Pertandingan ini luar biasa seru & dramatis.. Pertandingan yang biasanya selesai dalam 90 menit, kali ini ditambah extra time 2x15 menit dan ternyata belum ada yang unggul hingga harus diselesaikan dengan drama adu penalti.

Pertandingan yang dipimpin oleh wasit Howard Web ini pun. Akhirnya dimenangkan oleh Brazil. Pertandingan yang biasanya seleasai pada pukul 01.00 kini baru selesai pukul 02.00. Yang seru dari pertandingan ini adalah upaya maksimal kedua tim mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Walaupun akhirnya dimenangkan oleh Brazil.

28 June 2014

Mengendalikan nafsu mengoleksi

Sejak kecil saya sangat senang membaca. Banyak faktor penyebabnya :
- Kedua orang tua sering membawakan bahan bacaan (majalah, koran, buku)
- Rumah sangat dekat dengan perpustakaan umum & taman bacaan
- Lingkungan yang gemar membaca.
Bahkan selain faktor di atas, pada masa kuliah salah seorang guru saya mewajibkan murid-muridnya (termasuk saya) untuk membeli dan membaca buku mengenai topik apapun yang menurut kita menarik. Hal ini masih berlangsung hingga sekarang, dimana saya menyisihkan budget dan waktu khusus untuk membaca.

Nah, seiring bertambahnya kegiatan saat ini maka alokasi waktu untuk membaca buku cetak berkurang namun kebiasaan membeli buku yang menarik terus berjalan. Akibatnya buku yang menarik tersebut belum semuanya terbaca dan semakin menumpuk. Saya rasa jika keadaan ini berlanjut terus maka akan jadi masalah, space penyimpanan buku penuh, alokasi budget pengembangan diri tidak bermanfaat optimal.

Akhirnya saat ini pembelian buku fisik saya tunda dulu. Saya fokuskan untuk menyelesaikan baca buku-buku yang belum tamat di baca, memahaminya dan mengaplikasikannya. Nafsu mengoleksi & membeli buku harus dikendalikan.

16 June 2014

Health is wealth

6 Hari ke belakang saya mengalami komplikasi penyakit ringan (pilek, batuk, pusing-pusing, ga enak badan lah pokok nya) :D

Sudah lama sekali saya tidak mengalami sakit seperti diatas (fenomena langka niih), karena saya selalu berusaha menjaga kebugaran tubuh.. Kalaupun mengalami hal diatas saya biasanya cukup melakukan latihan pernapasan dan tubuh pun segera sehat dalam 1-2 hari.. Namun ternyata kali ini berbeda, walaupun berusaha merecovery dengan berlatih pernapasan ternyata perubahannya lambat..

Dalam masa recovery saya coba analisa kok bisa ya mengalami hal diatas. Dari hasil penelusuran diketahui penyebabnya adalah :

- Terlalu lelah

Karena dulu saya rajin berolah raga, saya bisa melakukan banyak aktivitas. Tubuh mampu menghasilkan energi yang diperlukan & sangat cepat merecovery ketika merasa lelah. Namun kemarin-kemarin porsi olahraga saya sudah berkurang sedangkan aktivitas banyak maka tubuh tidak kuat.

- Pola makan yang tidak teratur

Ditengah aktivitas yang banyak, saya bereksperimen mencoba salahsatu  metode diet (pengaturan pola makan) dan ternyata pola tersebut tidak cocok pada kondisi tubuh kemarin-kemarin..

- Penyesuaian terhadap cuaca

Cuaca sebelumnya yang panas beralih ekstrim dengan hujan lebat beberapa hari kebelakang, ketika malam hari saya merasa dingin sekali.

Wal hasil badan ngedrop..

Lalu saya atur agar badan relaks, latihan pernapasan & menjaga pola makan+nutrisinya. Alhamdulillah, kini sudah sehat. Pengalaman mengalami sakit yang ringan di atas saja sudah menyiksa, maka saya rasa begitu tubuh kembali sehat maka saya harus merawatnya & menggunakannya sesuai peruntukannya (beribadah:D )

Saya jadi berpikir juga, dalam budaya Sunda biasanya hal yang pertama ditanyakan ketika saling bertegur sapa adalah tentang kesehatan.. "Kumaha Damang? " atau "Bagaimana kabarnya, sehat??"

Mungkin secara tidak langsung hal tersebut menggambarkan bahwa leluhur kita menganggap kesehatan adalah hal yang sangat penting..

Bersyukurlah ketika kita sehat..

Health is wealth

05 June 2014

Dibalik Kegalakan

Manusia adalah makhluk sosial, dalam bersosialisasi kita bisa menemukan berbagai macam sifat. Baik yang menyenangkan maupun tidak menyenangkan. Salahsatu sifat yang termasuk tidak menyenangkan menurut saya adalah galak. Definisi galak menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia :
ga·lak 1 a 1 buas dan suka melawan (menyerang, menggigit, menanduk, dsb tt binatang); ganas; garang: anjingnya -- sekali; 2 suka marah, mencaci maki, dsb: ayahnya termasuk orang yg -- sehingga ditakuti oleh anak-anaknya;
Pengalaman berinteraksi dengan manusia-manusia yang memiliki sifat galak tersebut membuat saya penasaran, pengen tahu sebetulnya kenapa sih manusia-manusia ini memiliki sifat galak tersebut??
Inilah penyebab kegalakan yang saya temukan :

1. Menutupi Ketakutan
Sebagian orang menunjukan kegalakkannya sebenarnya karena merasa takut. Sehingga untuk mencegah orang lain melakukan sesuatu yang menakutkan pada dirinya maka perlu ditunjukkan kegalakkannya. Tujuannya menyingkirkan ancaman atau menurut saya bisa juga disebut mekanisme untuk mempertahankan diri.

2. Menutupi Kelemahan
Kegalakkan ini terjadi ketika seseorang mempunyai hal yang dianggapnya kelemahan (baik diakui ataupun tidak) dan tidak ingin kelemahannya tersebut disinggung-singgung / diusik oleh pihak lain. Ini juga mekanisme pembelaan diri. Saya pernah menemui hal ini pada salah seorang pengajar saya ketika masih bersekolah, dimana sang pengajar akan marah ketika murid-murid bertanya sesuatu hal yang tidak dikuasainya.

3. Stress
Kegalakkan jenis ini disebabkan oleh adanya stress atau pikiran yang tertekan. Dalam kondisi stress tidak banyak hal yang bisa kita lakukan kepada orang lain, birkan lah stressnya hilang / berkurang baru kita bisa berkomunikasi.

4. Meniru
Bisa juga sifat galak ini karena meniru orang-orang yang ada di sekitarnya. Karena terbiasa dengan kegalakkan, sehingga menganggap sifat ini merupakan hal yang normal dan tidak masalah jika diwujudkan dalam berperilaku.

Dari beberapa penyebab diatas, kesimpulannya adalah bisa jadi penyebebab kegalakkan adalah untuk mengamankan diri dari ancaman-ancaman. Jadi kalau ada orang yang galak kepada kita coba kendalikan diri kita agar jangan reaktif terhadap kegalakkannya, coba kita analisa apa penyebabnya & ber empati.

JANGAN hanya 'KATANYA..", HARUS sesuai FAKTA

Kemajuan teknologi membuat kita begitu mudah mendapatkan informasi, jika informasinya valid, akurat dan real time tentunya sangat bermanfaat karena memudahkan kita mengambil keputusan. Masalah yang timbul dari situasi ini adalah ketika informasi yang beredar tidak valid. Karena bisa membuat keputusan/penilaian  kita salah.

Misalnya foto-foto dibawah ini, gambar bayangan yang dihasilkan adalah nyata namun ternyata tidak sesuai dengan kenyataan / objek nya. Sehingga kita tidak bisa langsung menilai / mengetahui sebuah objek hanya dengan melihat bayangannya saja :

Source: allarmo.livejournal.com
Source: 9gag
Source: imgur
Source: script-tutorials.com
Image credits: Olly Denton
Source: bilder.mzibo.net
Source: imgur
Image credits: unknown
Image credits: Isaac Cordal
Source: imgur
Source: photohito.com
Image credits: Diana Susselman
Image credits: St├ęphane Rousseau Officiel
Source: finofilipino.com
Image credits: unknown
Source: imgur
Source: funtoxin.com
Source: buzzfeed
Source: funnie.st
Source: imgur
Source: sharenator.com
Source: funtoxin.com
Image credits: morfai
The title says: “Vote for!” (Source: 9gag)
Source: board.jokeroo.com

Gambar - gambar diatas saya dapatkan dari halaman berikut : 
http://www.boredpanda.com/funny-shadow-photo-fails/

Melihat gambar bayangan & objek asli foto-foto di atas maka kita harus sangat berhati-hati ketika menerima sebuah informasi. Pastikan informasinya apa-adanya dan sesuai dengan fakta sebenarnya.

*Tulisan ini dibuat sebagai pengingat pribadi, atas gencarnya black capaign terhadap kedua pasangan Capres 2014 sedang marak di berbagai media.

26 May 2014

Membaur di Tengah Warga




Foto ini diambil sekitar bulan September 2013. Pada salah satu hari minggu di event Car Free Day Buahbatu. Diambil secara spontan, tidak direncanakan. Ketika sedang berjalan-jalan di event tersebut tiba-tiba saya melihat pemandangan yang tidak biasa, sepeda berwarna biru muda & penunggangnya yang memakai rompi biru. Insting saya mendorong untuk segera mengarahkan kamera kepada objek tersebut & langsung menjepretnya. Begitu kamera diarahkan, sang penunggang sepeda mempercepat laju sepedanya (dikiranya saya wartawan kali ya..) & saya rasa itu adalah Walikota Bandung yang baru saja dilantik : pak Ridwan Kamil.. hehehe..

Di acara ini pak Ridwan Kamil bisa bersepeda dengan bebas, dan juga nampaknya waktu itu belum banyak warga Kota Bandung yang mengenal sosok Walikota baru nya sehingga pak Walikota bisa berbaur di acara tersebut. Mungkin kalau sekarang-sekarang beliau datang ke event Car Free Day lagi tidak akan sebebas gambar diatas, karena sudah banyak warga yang kenal setelah banyak diberitakan.


15 May 2014

[Video] Pendidikan Tentang Seks Untuk Anak

Saat berita ini ditulis, di bergabai media cetak atau elektronik sedang ramai dibahas kejadian pelecehan seksual kepada anak-anak. Kasusnya terjadi di berbagai daerah baik di kota besar maupun kota kecil, juga terjadi di tempat yang sangat ketat pengamannya (bahkan terjadi juga di salahsatu sekolah internasional) dan juga di tempat terbuka.. Pokoknya horror & ga nyangka banget lah..

Melihat kenyataan tersebut sepertinya sudah harus diberikan pendidikan/pengetahuan dasar kepada anak-anak mengenai pendidikan seks (penyampaian nya disesuaikan dengan pemahaman anak dan adat istiadat/budaya yang berlaku). Namun ternyata membingungkan juga / mungkin sebagian dari kita kebingungan bagaimana cara menjelaskannya / apa yang harus disampaikan.

Nah berikut ini video yang muncul di timeline sosmed saya, menurut saya video ini cukup memberikan gambaran mengenai cara menjelaskan dan materi apa saja yang perlu disampaikan :

12 April 2014

Panduan memilih kamera



Beberapa teman saya pernah menghubungi saya, mereka meminta saran/masukan ketika mereka hendak membeli kamera digital. Ini hal-hal yang saya sampaikan kepada mereka untuk dipertimbangkan..

Akan digunakan untuk apa?
  • Jika keperluannya hanya untuk foto/dokumentasi standar, menurut saya kebanyakan kamera Pocket saat ini sudah mencukupi. Selain fitur foto, banyak kamera pocket saat ini yang sudah dilengkapi dengan fitur video recording bahkan dengan kualitas gambar HD maupun Full HD.
  • Jika memerlukan kamera dengan lensa untuk memotret agak jauh melebihi kamera pocket, bisa membeli kamera jenis prosumer. Kamera jenis ini lensanya tidak bisa diganti.
  • Jika mementingkan kualitas, maka saya sarankan membeli kamera DSLR. Karena memiliki lebih banyak fitur dar 2 jenis kamera diatas, selain itu memiliki banyak variasi aksesoris dimana jika kita bisa mengoptimalkannya maka gambar yang dihasilkan akan sangat luar biasa. Selain fitur fotonya, banyak varian kamera DSLR yang bisa melakukan perekaman video dengan kualitas gambar luar biasa baik HD maupun full HD.


Berapa budget yang tersedia ?
  •  Jika budget tersedia 1-3 jutaan, maka saya sarankan membeli kamera pocket saja
  •  Jika Budget 3 – 5 jutaan, bisa membeli kamera prosumer
  • Jika Budget > 5 Jutaan bisa membeli kamera DSLR (total aksesoris kamera DSLR yang kita beli bisa lebih mahal dari body kameranya sendiri, misal : flash, battery grip, lensa, tripod, filter)


Garansi & Service Center?
Dalam membeli peralatan elektronik termasuk juga kamera, pastikan kita memiliki jaminan garansi atas produk yang dibeli. Selain itu tanyakan lokasi service center terdekat, pastikan kita mengetahuinya. Walaupun kita semua tentunya berharap bahwa kamera yang kita beli dalam kondisi baik & memiliki durability yang tahan lama.

Itulah panduan versi saya, keputusannya terserah anda  :)

03 April 2014

Harapan, Kenyataan, Perasaan

Saya yakin sebagian dari kita pernah merasa senang / kecewa. Saya sendiri pernah merasakan senang yang sangat luar biasa maupun kecewa level dewa :))

Fenomena ini menurut saya sangat menarik untuk dipikirkan..
Setelah melalui serangkaian proses berpikir (lebaynyaaa..).. saya menemukan bahwa perasaan senang atau sedih itu subjektif (bisa berbeda-beda pemicunya bagi tiap orang) dan tingkatannya sangat ditentukan oleh harapan / ekspektasi kita terhadap sesuatu.

Jadi biar tidak berlebihan dalam kesenangan atau kekecewaan maka sebaiknya kita berharap sewajarnya saja. Dan sepertinya (menurut saya lho yaa...) agar tidak kecewa maupun tidak merasa senang maka kita tidak perlu berharap. Tetapkan niat, maksimalkan usaha & syukuri apapun hasilnya.

Pemilu 2014

Tahun 2014 ini warga negara Indonesia setidaknya menemui 2 peristiwa penting yang (bisa) menentukan masa depan bangsa yaitu pemilu legislatif (memilih wakil rakyat) dan pilpres (pemilihan presiden langsung).
Menyikapi 2 pemilihan ini setidaknya ada 2 golongan yang terlihat yaitu :

Mau menggunakan hak pilih
Bagi warga negara yang mau menggunakan hak pilihnya sebaiknya mengamati / mencari informasi sejelas-jelasnya mengenai wakil rakyat dan presiden. Yaah siapa tahu dengan memilih orang yang tepat, bangsa ini semakin cepat menuju perbaikan.

Tidak mau menggunakan hak pilih (golput)
Bagi warga negara yang tidak mau memilih (golput).. yaah saya tetap menghormati pilihan ini, namun menurut saya sebaiknya tetap datang ke TPS dan mencoblos (coblos saja semua calon/pilihannya). Maksudnya agar meminimalisir kemungkinan kertas suara yang bersangkutan dimanfaatkan / disalahgunakan.

21 January 2014

Good News & Bad News

Illustrasi : Good News & Bad News


Seringnya OnLine membuat saya mengunjungi berbagai web, blog, sosial media.. dan ketika dibaca ternyata saya temukan lebih banyak berita negatif yang beredar di portal-portal berita maupun sosial media mainstream..
mulai dari berita hoax, provokasi, fitnah, gunjingan dan berbagai informasi negatif lainnya..

Jika terus menerus membaca informasi seperti itu maka sepertinya dunia ini banyak berisi hal-hal negatif, bukan tidak mungkin dengan terus menerus membaca hal negatif maka pola pikir pembaca nya pun terpengaruh menjadi negatif.. padahal ketika kita buka mata & berjalan-jalan di dunia nyata ternyata masih banyak orang-orang baik dan hal-hal positif yang bisa diberitakan.

Di dunia nyata saya mempunyai banyak teman dan kenalan yang melakukan berbagai hal positif, menginspirasi & layak ditiru. Namun sayangnya kegiatan-kegiatan positif yang dilakukannya cenderung diam-diam dan sedikit saja orang yang tahu.

Menurut saya kondisi tersebut sangatlah ironi, dimana hal negatif diumbar bebas tanpa adanya rasa malu sedangkan hal-hal baik malu-malu untuk diekspose bahkan dianggap tabu karena beranggapan bahwa kebaikan tidak perlu diekspos, cukup tuhan yang tahu, takut disebut riya, dan lain-lain.

Sepertinya kita harus mulai membiasakan diri untuk berani mengekspos berita positif, hal-hal baik dan bermanfaat, yaah minimal dengan mulai memposting di dunia maya (via blog, sosmed, dan lain-lain)..


Photo Credit : by Mike Licht, NotionsCapital.com

01 January 2014

Sinergi 3 kompetensi

Pertama kali membaca judul di atas kok rasanya lebay juga yah :D
tp gapapa lah yaah, suka - suka penulis.. hahaha :))

Nah kali ini saya menuliskan sedikit pengalaman saya terlibat mengadakan berbagai kegiatan terutama yang bersifat sosial / non profit. Dari pada lupa dan terlupakan tidak ada salahnya di dokumentasikan dalam bentuk tulisan kan ya pemirsa..

Dari pengamatan saya selama menjadi penyelenggara / kontributor dalam sebuah kegiatan sosial setidaknya diperlukan 3 kompetensi/kemampuan:
1. Kompetensi Pelaksana
2. Kompetensi Perencana
3. Kompetensi Sumberdaya

Mari kita bedah 3 kompetensi tersebut :
1. Kompetensi Pelaksana
Gambaran umumnya adalah kemampuan sebagai pelaksana / bagian yang turun langsung / terjun ke lapangan. Action melakukan berbagai hal yang diperlukan  untuk memastikan tercapainya tujuan.

2. Kompetensi Perencana
Gambaran umumnya adalah kemampuan untuk melakukan perencanaan dengan rinci dan matang mengenai hal yang akan dilakukan. Termasuk memperhitungkan resiko beserta langkah antisipasinya yang mungkin terjadi selama proses pencapaian tujuan.

3. Kompetensi Sumberdaya
Gambaran umumnya adalah kemampuan pengaadaan

Pengalaman 2013 :)

Hari ini adalah 1 Januari 2014 & ini adalah postingan pertama saya di tahun ini.
Menjelang pergantian tahun dari 2013 & 2014 saya mereview dan evaluasi mengenai diri saya di tahun 2013. Dari hasil evaluasi tersebut saya mendapati bahwa pada tahun 2013 yang lalu banyak hal baru yang saya coba :
- Menjadi Fotografer (event, travelling, food, wedding)
- Menjadi Event Organizer kegiatan budaya & edukasi
- Menjadi Penyiar Radio
Walaupun rasanya masih jauh dari perforrmance para profesional di bidang tersebut, tetapi saya menikmati hal-hal diatas & mudah-mudahan seiring bertambahnya jam terbang keahlian terus meningkat :)